Sabtu, 12 Januari 2013

AutoCad


Belajar AutoCAD
CAD adalah singkatan dari Computer Aided Design, yang diterjemahan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai : merancang dengan bantuan komputer. Dalam dunia teknik, CAD adalah satu bidang tersendiri, yang lebih ditujukan pada cara merancang dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu. Banyak hal dalam proses perancangan yang dilakukan dengan bantuan komputer, sehingga efektivitas si perancang akan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan tanpa komputer. Namun, komputer tidak dapat melakukan sesuatu apabila tidak dibuatkan perangkat lunak yang sesuai. Oleh karena itu, CAD menjadi satu istilah tersendiri yang memayungi beberapa perangkat lunak yang bisa dipergunakan untuk kegiatan perancangan tersebut. Beberapa perangkat lunak CAD yang telah dikenal baik adalah: Autodesk AutoCADGraphisoft ArchiCADMicroStation, Alibre Design Xpress, LiteCAD, CATIA, ENOVIA, SolidWorks, SolidEdge, Unigraphics, iMAN, Pro/Engineer, WindChill, dll. CAD tentu saja berbeda dengan Desain Grafis yang lebih intuitif dan lebih mengedepankan segi artistik dibandingkan teknik dan akurasi.
AutoCAD adalah salah satu software dalam lingkungan CAD yang digunakan untuk menggambar teknik (drafting) dan telah dikenal baik di dunia teknik. Tingkat keakuratannya yang sangat tinggi menjadikan AutoCAD sebagai salah satu alat bantu (tools) untuk menggambar di kalangan teknik. Tidak mengherankan apabila beberapa bidang teknik sangat intensif menggunakan AutoCAD sebagai alat bantu gambar, sebagai contoh adalah bidang Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Desain Interior, dan lain-lain yang sangat erat dengan pembuatan dan penggunaan gambar teknik.
AutoCAD jika dipergunakan secara intensif, dapat menghasilkan tingkat efisiensi yang tinggi dalam cara menggambar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor: tingkat keahlian seseorang dalam mengoperasikan perangkat lunak AutoCAD atau biasa dikiaskan dengan istilah “jam terbang” seseorang dalam penguasaan AutoCAD juga akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan cara menggambar. Semakin sering kita menggunakan AutoCAD, maka semakin banyak hal-hal yang dapat mempersingkat cara kerja kita. Selain itu, efektivitas produksi gambar juga dapat diperoleh melalui penggunaan gambar yang sering dipakai berulang-ulang (baca: library). Dengan banyaknya gambar yang dihasilkan, maka sebagian di antaranya dapat kita pergunakan kembali tanpa harus digambar ulang, melainkan cukup dimasukkan (baca: insert) ke dalam pekerjaan yang sedang kita buat. semakin banyak gambar “library” yang kita miliki, maka semakin cepat cara kita menggambar.
AutoCAD dikenal memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi. Sistem koordinatnya dapat digunakan sampai dengan angka desimal 16 digit – tingkat akurasi seperti ini sangat jarang dimiliki oleh software lain. Sebagai contoh, dengan tingkat akurasi tersebut, berarti kita bisa menggambar bola dunia dengan ukuran yang tepat, sekaligus di dalamnya kita menggambar seekor semut.
AutoCAD menggunakan sistem perintah yang matematis. Dengan penggunaan sistem koordinatnya yang sudah kita kenal sejak di bangku Sekolah Dasar. Hal ini memudahkan kita dalam menentukan orientasi menggambar. Selain itu, sifat matematisnya ini dapat mempermudah kita dalam melakukan perhitungan. Sebagai contoh, ketika kita ingin mengetahui berapa luas sebuah lingkaran, maka dengan perintah tertentu (AREA atau LIST) kita dapat mengetahui secara akurat, sekaligus bisa mendapatkan informasi lain yang berhubungan, seperti panjang keliling lingkaran tersebut.
AutoCAD dibuat oleh Autodesk Inc. yang mulai diperkenalkan pada bulan Desember 1982. AutoCAD saat ini hanya berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows. Meskipun demikian, Versi AutoCAD untuk system operasi Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan pada tahun 1980-an dan 1990-an, akan tetapi karena berbagai kendala kemudian tidak dilanjutkan.

Bagian-bagian Penting dalam AutoCAD (versi 2007)

AutoCAD-2007---Workspace-AutoCAD-Classic
AutoCAD 2007 dengan Workspace AutoCAD Classic

1. Title Bar

Merupakan komponen standar pada setiap aplikasi yang berbasis Windows. Bagian ini berupa baris judul dari software AutoCAD 2007. Selain berisi judul software, juga berisi nama file yang sedang aktif.

2. Menu Bar

Merupakan komponen standar pada aplikasi yang berbasis Windows. Bagian ini berupa sebuah baris menu yang berisi fungsi-fungsi untuk menjalankan perintah pada AutoCAD. Pada baris menu terdapat bermacam-macam perintah yang dipergunakan untuk berbagai tujuan, untuk mengambar, mengedit, mengubah setting, menyimpan dan menampilkan gambar, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

3. Sizing Button

Adalah komponen yang berupa tombol-tombol yang berfungsi untuk menampilkan dan mengatur ukuran jendela aplikasi. Sizing Button juga merupakan komponen standar pada setiap aplikasi yang berbasis Windows. Sizing Button terdiri atas empat buah tombol, yaitu tombol Minimize – untuk mengecilkan ukuran jendela ; tombol Maximize – untuk memperbesar ukuran jendela ; tombol Restore – untuk mengembalikan ukuran jendela pada posisi sebelumnya ; dan tombol Close – untuk menutup jendela dan sekaligus menutup aplikasi.

4. Tool Bar

Adalah fasilitas standar pada aplikasi yang berbasis Windows, akan tetapi masing-masing aplikasi memiliki Toolbar yang sangat berlainan. Toolbar merupakan tombol-tombol dalam bentuk ikon yang berisi perintah-perintah AutoCAD yang dapat dipergunakan secara cepat. Untuk tujuan-tujuan mengambar, mengedit, mengubah setting, AutoCAD menyediakan berbagai macam Toolbar yang dikelompokkan sesuai dengan tujuan penggunaannya, fungsi dan jenisnya. Toolbar yang sangat sering dipergunakan untuk perintah dasar menggambar dan perintah dasar mengedit gambar adalah DRAWING TOOLBAR dan MODIFY TOOLBAR. Dua toolbar ini biasanya langsung tersedia ketika AutoCAD dibuka untuk pertama kali.
Karena keterbatasan ruang, tidak semua toolbar dapat ditampilkan pada layar komputer, oleh karena itu AutoCAD menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk mengatur mana yang akan ditampilkan dan mana yang akan disembunyikan. Kecuali toolbar yang sangat sering dipakai, sebagian besar toolbar yang disiapkan AutoCAD berada dalam keadaan tidak aktif (disembunyikan).

5. Drawing Toolbar

Merupakan toolbar yang berisi perintah dasar untuk menggambar. Toolbar ini selalu tersedia ketika AutoCAD pertama kali dibuka, biasanya di bagian sebelah kiri. Sangat sering dipergunakan karena menyediakan semua peralatan menggambar yang sangat mendasar, seperti perintah Line – untuk menggambar garis ; sampai dengan Multiline Text – untuk mengetikkan huruf.

6. Modify Toolbar

Merupakan toolbar yang berisi perintah dasar untuk mengedit gambar. Toolbar ini juga selalu tersedia ketika AutoCAD pertama kali dibuka, biasanya ditempatkan di bagian kanan atau berdampingan dengan Drawing Toolbar di bagian kiri. Sangat sering dipergunakan karena menyediakan semua peralatan untuk mengedit gambar, seperti perintah Erase – untuk menghapus ; sampai dengan perintah Explode – untuk memecahkan group / kumpulan gambar.

7. Drawing Area

Drawing Area adalah daerah kerja yang menampilkan gambar yang sedang dikerjakan saat ini. Biasanya diatur agar berwarna hitam dengan gambar berwarna putih, mengingat warna hitam tidak menyakitkan mata dan dapat menampilkan titik-titik di layar yang dapat ditangkap dengan baik oleh mata kita.

8. UCS Icon

Merupakan simbol kecil pada Drawing Area yang akan memperlihatkan arah sumbu koordinat penggambaran. Pada sistem koordinat pengambaran 2D, arah sumbu kordinat X akan selalu menghadap ke arah kanan – nilai X positif, sedangkan sumbu Y akan selalu menghadap ke arah atas – nilai Y positif.
Keberadaan UCS Icon ini sangat penting sebagai enunjuk arah koordinat, terutama ketika kita menggambar 3D, karena dalam penggambaran 3D kita membutuhkan penunjuk arah agar tidak tersesat, selain itu, bidang gambar akan selalu berupa bidang dengan koordinat X,Y.

9. Status Bar

Merupakan baris yang berisi informasi mengenai status / keadaan saat ini dari beberapa fungsi khusus seperti grid, snap, ortho, koordinat, dan lain-lain.. Adalah komponen standar pada aplikasi yang berbasis Windows. Bagian ini berupa baris judul dari software AutoCAD 2007. Selain berisi judul software, juga berisi nama file yang sedang aktif.

10. Command Line

Menampilkan baris-baris perintah pada AutoCAD. Pada command window ini kita dapat memasukkan perintah-perintah AutoCAD dengan jalan mengetikkannya. Pada dasarnya, semua perintah yang ada pada AutoCAD dapat diketikkan pada command window ini, contohnya perintah LINE untuk membuat garis, perintah CIRCLE untuk membuat lingkaran, perintah ERASE untuk menghapus objek.
Beberapa perintah yang sangat sering dipergunakan, memiliki alias atau nama lain dalam bentuk yang lebih singkat, contoh “L” untuk perintah LINE, “C” untuk perintah CIRCLE, “E” untuk perintah ERASE. Oleh karena itu, command window menjadi komponen yang cukup penting keberadaannya dan dapat mempercepat proses menggambar, karena tidak setiap perintah harus diakses dengan menggunakan “klik” mouse.
Selain dipergunakan untuk memasukkan perintah, command window juga dipergunakan untuk menampilkan informasi dan memasukkan nilai yang diminta berkenaan dengan penggunaan lebih lanjut dari suatu perintah. Dengan cara ini Anda dapat memasukkan input nilai yang diminta pada sebuah perintah. Anda juga dapat memilih option yang keluar pada saat perintah tersebut dijalankan. Status dan berbagai informasi berkenaan dengan perintah tersebut juga ditampilkan pada command window ini.
Dalam melakukan penggambaran, Anda harus selalu memperhatikan baris demi baris informasi yang ditampilkan pada command window ini, meskipun Anda memanggil perintah tersebut dengan cara memilih dari toolbar atau menu.

Copas From :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sabtu, 12 Januari 2013

AutoCad


Belajar AutoCAD
CAD adalah singkatan dari Computer Aided Design, yang diterjemahan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai : merancang dengan bantuan komputer. Dalam dunia teknik, CAD adalah satu bidang tersendiri, yang lebih ditujukan pada cara merancang dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu. Banyak hal dalam proses perancangan yang dilakukan dengan bantuan komputer, sehingga efektivitas si perancang akan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan tanpa komputer. Namun, komputer tidak dapat melakukan sesuatu apabila tidak dibuatkan perangkat lunak yang sesuai. Oleh karena itu, CAD menjadi satu istilah tersendiri yang memayungi beberapa perangkat lunak yang bisa dipergunakan untuk kegiatan perancangan tersebut. Beberapa perangkat lunak CAD yang telah dikenal baik adalah: Autodesk AutoCADGraphisoft ArchiCADMicroStation, Alibre Design Xpress, LiteCAD, CATIA, ENOVIA, SolidWorks, SolidEdge, Unigraphics, iMAN, Pro/Engineer, WindChill, dll. CAD tentu saja berbeda dengan Desain Grafis yang lebih intuitif dan lebih mengedepankan segi artistik dibandingkan teknik dan akurasi.
AutoCAD adalah salah satu software dalam lingkungan CAD yang digunakan untuk menggambar teknik (drafting) dan telah dikenal baik di dunia teknik. Tingkat keakuratannya yang sangat tinggi menjadikan AutoCAD sebagai salah satu alat bantu (tools) untuk menggambar di kalangan teknik. Tidak mengherankan apabila beberapa bidang teknik sangat intensif menggunakan AutoCAD sebagai alat bantu gambar, sebagai contoh adalah bidang Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Desain Interior, dan lain-lain yang sangat erat dengan pembuatan dan penggunaan gambar teknik.
AutoCAD jika dipergunakan secara intensif, dapat menghasilkan tingkat efisiensi yang tinggi dalam cara menggambar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor: tingkat keahlian seseorang dalam mengoperasikan perangkat lunak AutoCAD atau biasa dikiaskan dengan istilah “jam terbang” seseorang dalam penguasaan AutoCAD juga akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan cara menggambar. Semakin sering kita menggunakan AutoCAD, maka semakin banyak hal-hal yang dapat mempersingkat cara kerja kita. Selain itu, efektivitas produksi gambar juga dapat diperoleh melalui penggunaan gambar yang sering dipakai berulang-ulang (baca: library). Dengan banyaknya gambar yang dihasilkan, maka sebagian di antaranya dapat kita pergunakan kembali tanpa harus digambar ulang, melainkan cukup dimasukkan (baca: insert) ke dalam pekerjaan yang sedang kita buat. semakin banyak gambar “library” yang kita miliki, maka semakin cepat cara kita menggambar.
AutoCAD dikenal memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi. Sistem koordinatnya dapat digunakan sampai dengan angka desimal 16 digit – tingkat akurasi seperti ini sangat jarang dimiliki oleh software lain. Sebagai contoh, dengan tingkat akurasi tersebut, berarti kita bisa menggambar bola dunia dengan ukuran yang tepat, sekaligus di dalamnya kita menggambar seekor semut.
AutoCAD menggunakan sistem perintah yang matematis. Dengan penggunaan sistem koordinatnya yang sudah kita kenal sejak di bangku Sekolah Dasar. Hal ini memudahkan kita dalam menentukan orientasi menggambar. Selain itu, sifat matematisnya ini dapat mempermudah kita dalam melakukan perhitungan. Sebagai contoh, ketika kita ingin mengetahui berapa luas sebuah lingkaran, maka dengan perintah tertentu (AREA atau LIST) kita dapat mengetahui secara akurat, sekaligus bisa mendapatkan informasi lain yang berhubungan, seperti panjang keliling lingkaran tersebut.
AutoCAD dibuat oleh Autodesk Inc. yang mulai diperkenalkan pada bulan Desember 1982. AutoCAD saat ini hanya berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows. Meskipun demikian, Versi AutoCAD untuk system operasi Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan pada tahun 1980-an dan 1990-an, akan tetapi karena berbagai kendala kemudian tidak dilanjutkan.

Bagian-bagian Penting dalam AutoCAD (versi 2007)

AutoCAD-2007---Workspace-AutoCAD-Classic
AutoCAD 2007 dengan Workspace AutoCAD Classic

1. Title Bar

Merupakan komponen standar pada setiap aplikasi yang berbasis Windows. Bagian ini berupa baris judul dari software AutoCAD 2007. Selain berisi judul software, juga berisi nama file yang sedang aktif.

2. Menu Bar

Merupakan komponen standar pada aplikasi yang berbasis Windows. Bagian ini berupa sebuah baris menu yang berisi fungsi-fungsi untuk menjalankan perintah pada AutoCAD. Pada baris menu terdapat bermacam-macam perintah yang dipergunakan untuk berbagai tujuan, untuk mengambar, mengedit, mengubah setting, menyimpan dan menampilkan gambar, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

3. Sizing Button

Adalah komponen yang berupa tombol-tombol yang berfungsi untuk menampilkan dan mengatur ukuran jendela aplikasi. Sizing Button juga merupakan komponen standar pada setiap aplikasi yang berbasis Windows. Sizing Button terdiri atas empat buah tombol, yaitu tombol Minimize – untuk mengecilkan ukuran jendela ; tombol Maximize – untuk memperbesar ukuran jendela ; tombol Restore – untuk mengembalikan ukuran jendela pada posisi sebelumnya ; dan tombol Close – untuk menutup jendela dan sekaligus menutup aplikasi.

4. Tool Bar

Adalah fasilitas standar pada aplikasi yang berbasis Windows, akan tetapi masing-masing aplikasi memiliki Toolbar yang sangat berlainan. Toolbar merupakan tombol-tombol dalam bentuk ikon yang berisi perintah-perintah AutoCAD yang dapat dipergunakan secara cepat. Untuk tujuan-tujuan mengambar, mengedit, mengubah setting, AutoCAD menyediakan berbagai macam Toolbar yang dikelompokkan sesuai dengan tujuan penggunaannya, fungsi dan jenisnya. Toolbar yang sangat sering dipergunakan untuk perintah dasar menggambar dan perintah dasar mengedit gambar adalah DRAWING TOOLBAR dan MODIFY TOOLBAR. Dua toolbar ini biasanya langsung tersedia ketika AutoCAD dibuka untuk pertama kali.
Karena keterbatasan ruang, tidak semua toolbar dapat ditampilkan pada layar komputer, oleh karena itu AutoCAD menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk mengatur mana yang akan ditampilkan dan mana yang akan disembunyikan. Kecuali toolbar yang sangat sering dipakai, sebagian besar toolbar yang disiapkan AutoCAD berada dalam keadaan tidak aktif (disembunyikan).

5. Drawing Toolbar

Merupakan toolbar yang berisi perintah dasar untuk menggambar. Toolbar ini selalu tersedia ketika AutoCAD pertama kali dibuka, biasanya di bagian sebelah kiri. Sangat sering dipergunakan karena menyediakan semua peralatan menggambar yang sangat mendasar, seperti perintah Line – untuk menggambar garis ; sampai dengan Multiline Text – untuk mengetikkan huruf.

6. Modify Toolbar

Merupakan toolbar yang berisi perintah dasar untuk mengedit gambar. Toolbar ini juga selalu tersedia ketika AutoCAD pertama kali dibuka, biasanya ditempatkan di bagian kanan atau berdampingan dengan Drawing Toolbar di bagian kiri. Sangat sering dipergunakan karena menyediakan semua peralatan untuk mengedit gambar, seperti perintah Erase – untuk menghapus ; sampai dengan perintah Explode – untuk memecahkan group / kumpulan gambar.

7. Drawing Area

Drawing Area adalah daerah kerja yang menampilkan gambar yang sedang dikerjakan saat ini. Biasanya diatur agar berwarna hitam dengan gambar berwarna putih, mengingat warna hitam tidak menyakitkan mata dan dapat menampilkan titik-titik di layar yang dapat ditangkap dengan baik oleh mata kita.

8. UCS Icon

Merupakan simbol kecil pada Drawing Area yang akan memperlihatkan arah sumbu koordinat penggambaran. Pada sistem koordinat pengambaran 2D, arah sumbu kordinat X akan selalu menghadap ke arah kanan – nilai X positif, sedangkan sumbu Y akan selalu menghadap ke arah atas – nilai Y positif.
Keberadaan UCS Icon ini sangat penting sebagai enunjuk arah koordinat, terutama ketika kita menggambar 3D, karena dalam penggambaran 3D kita membutuhkan penunjuk arah agar tidak tersesat, selain itu, bidang gambar akan selalu berupa bidang dengan koordinat X,Y.

9. Status Bar

Merupakan baris yang berisi informasi mengenai status / keadaan saat ini dari beberapa fungsi khusus seperti grid, snap, ortho, koordinat, dan lain-lain.. Adalah komponen standar pada aplikasi yang berbasis Windows. Bagian ini berupa baris judul dari software AutoCAD 2007. Selain berisi judul software, juga berisi nama file yang sedang aktif.

10. Command Line

Menampilkan baris-baris perintah pada AutoCAD. Pada command window ini kita dapat memasukkan perintah-perintah AutoCAD dengan jalan mengetikkannya. Pada dasarnya, semua perintah yang ada pada AutoCAD dapat diketikkan pada command window ini, contohnya perintah LINE untuk membuat garis, perintah CIRCLE untuk membuat lingkaran, perintah ERASE untuk menghapus objek.
Beberapa perintah yang sangat sering dipergunakan, memiliki alias atau nama lain dalam bentuk yang lebih singkat, contoh “L” untuk perintah LINE, “C” untuk perintah CIRCLE, “E” untuk perintah ERASE. Oleh karena itu, command window menjadi komponen yang cukup penting keberadaannya dan dapat mempercepat proses menggambar, karena tidak setiap perintah harus diakses dengan menggunakan “klik” mouse.
Selain dipergunakan untuk memasukkan perintah, command window juga dipergunakan untuk menampilkan informasi dan memasukkan nilai yang diminta berkenaan dengan penggunaan lebih lanjut dari suatu perintah. Dengan cara ini Anda dapat memasukkan input nilai yang diminta pada sebuah perintah. Anda juga dapat memilih option yang keluar pada saat perintah tersebut dijalankan. Status dan berbagai informasi berkenaan dengan perintah tersebut juga ditampilkan pada command window ini.
Dalam melakukan penggambaran, Anda harus selalu memperhatikan baris demi baris informasi yang ditampilkan pada command window ini, meskipun Anda memanggil perintah tersebut dengan cara memilih dari toolbar atau menu.

Copas From :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


Followers

 

^Malinda Diah Agustin^ | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform